Mengenal Rumah Belajar Kemendikbud, dari Fitur Hingga Cara Login di Android

Daftar Isi: [Tampil]
cara login di android rumah belajar kemendikbud

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI telah meluncurkan sebuah produk pembelajaran gratis bagi seluruh pelajar di Indonesia. Produk pembelajaran ini diberi nama Rumah Belajar. 

Media pembelajaran ini berbasis online. Sehingga siapa pun yang ingin mengakses media pembelajaran pada Rumah Belajar harus terkoneksi jaringan Internet.

Kenalan dengan Rumah Belajar 

Rumah belajar adalah sebuah inovasi pembelajaran pada era digital, yang dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa jenjang PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), SD (Sekolah Dasar), SMP (Sekolah Menengah Pertama, SMA/SMK (Sekolah Menengah Atas/Kejuruan). 

Kabar baiknya, Rumah Belajar ini gratis. Maksudnya, siswa atau guru yang akan memanfaatkan aplikasi ini hanya perlu mendaftar pada portal website atau aplikasi Rumah Belajar pada smartphone tanpa harus mengeluarkan biaya.

Ada banyak fitur yang bisa dimanfaatkan oleh para guru dan pelajar dalam menggunakan aplikasi ini Apa saja?

1. Fitur Utama


  1. Sumber Belajar: Fitur unggulan ini menyajikan materi pembelajaran bagi siswa maupun guru, yang disajikan dengan terstruktur dengan tampilan yang menarik dalam gambar, video, animasi, simulasi, evaluasi dan bahkan dalam bentuk permainan.
  2. Laboratorium Maya: Sebuah fitur simulasi praktek laboratorium yang disajikan secara interaktif dan menarik.
  3. Kelas Digital: Fitur LSM (Learning Management System) yang dikembangkan untuk memfasilitasi pembelajaran virtual. Keunggulannya, guru dapat memberikan bahan ajar kepada para siswa yang dapat diakses dengan mudah.
  4. Bank Soal: Sesuai namanya, fitur ini merupakan fitur yang terdiri dari kumpulan soal dan materi evaluasi siswa. Di dalamnya tersedia berbagai soal latihan, ulangan hingga ujian.

2. Fitur Lainnya


  1. Buku Sekolah Elektronik: Merupakan sebuah fitur yang berisi kumpulan buku-buku elektronik dari jenjang PAUD hingga SMA/SMK. Fitur ini menyerupai perpustakaan digital.
  2. Modul Digital: Sebuah fitur yang menyediakan berbagai modul pembelajaran yang disajikan dalam bentuk file pdf.
  3. Peta Budaya: Fitur yang menjadikan pembelajaran tentang berbagai budaya yang tersebar di Indonesia. Materinya dibagi per wilayah, sehingga cukup memudahkan untuk memahami materi kebudayaan di Indonesia.
  4. Wahana Jelajah Angkasa: Merupakan sebuah fitur yang akan mengajak para penggunanya untuk menjelajah di luar angkasa secara virtual dan gambar 3D.
  5. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan: Mengunjungi fitur ini, pengunjung akan diantarkan pada sebuah halaman berbagai informasi pelatihan, yang disebut dengan SimpaTIK (Sistem Informasi Manajemen Pelatihan Berbasis TIK). Di sini, para pengguna bisa mencari pelatihan atau workshop yang diminati dengan lokasi pilihan.

3. Fitur Pendukung


  1. Karya Komunitas: Fitur ini sebagai sebuah media untuk berbagai media pembelajaran sekaligus komunikasi antar anggota komunitas Rumah Belajar.
  2. Karya Guru: Sebuah fitur yang dikhususkan untuk para guru/pengajar untuk berkomunikasi dan berbagai media pembelajaran.
  3. Karya Bahasa dan Sastra: Fitur ini menyediakan pilihan berbagai buku cerita  yang dapat disesuaikan dengan minat baca dan kebutuhan siswa. 
Berbagai fitur ini dapat dimanfaatkan oleh para siswa atau guru dengan cara mengakses laman Rumah Belajar Kemendikbud, melalui portal website atau aplikasi Rumah Belajar di smartphone.

Karena penggunaan smartphone di berbagai kalangan saat ini cukup tinggi, sebagai penunjang berbagai kebutuhan. Nah, siswa maupun guru dapat pula memanfaatkan smartphone untuk menunjang kebutuhan belajar dan mengajar.

Salah satunya dengan mendownload aplikasi Rumah Belajar Kemendikbud pada smartphone android. Berikut adalah panduan lengkap cara daftar Rumah Belajar pada Smartphone Android:

Cara Daftar Rumah Belajar Kemendikbud pada Android


  • Pastikan kamu memiliki smartphone android  yang memiliki paket data, atau bisa terkoneksi pada jaringan internet.
  • Kunjungi Google Play Store, kemudian tuliskan Rumah Belajar, dan klik instal.
rumah belajar kemendikbud login

Buka aplikasi Rumah Belajar, dan Login. (Login bisa menggunakan akun facebook atau email).
login rumah belajar kemendikbud di android

Setelah Login berhasil. Kembali ke Beranda dan silahkan akses berbagai media pembelajaran yang kamu butuhkan dari mulai tulisan, gambar, hingga video. Selain itu kamu juga bisa mendownload dan berinteraksi pada halaman kolom komentar pada materi yang disampaikan.
login rumah belajar kemendikbud

Sebagai gambaran, kamu perlu memahami berbagai fitur yang sudah dijelaskan di atas. 
Selanjutnya, Selamat Belajar!

0 Response to "Mengenal Rumah Belajar Kemendikbud, dari Fitur Hingga Cara Login di Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel mgid

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel mgid