Menyusun Anggaran (Budgeting) Produksi Media BAG. 2

Daftar Isi: [Tampil]

MANAJEMEN PRODUKSI MEDIA TV
PRODI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM
FAKULTAS AGAMA ISLAM-UMJ
MENYUSUN ANGGARAN (BUDGETING)

BAGIAN 2
Oleh : Taufiq Fadhilah

         D.            Proses Penyusunan Anggaran[1]
Proses penyusunan anggaran biasanya meliputi pembentukan komite anggaran, menentukan periode anggaran, spesifikasi pedoman anggaran, penyusunan usulan anggaran awal/dasar (Intial budget), negosiasi anggaran, review, persetujuan, dan revisi anggaran.
      a.      Komite anggaran
Sebagian besar organisasi mempunyai komite anggaran yang mengawasi anggaran secara keseluruhan. Komite tersebut terdiri darianggota manajemen senior. Komite anggaran biasanya meliputi “Chief Executive Officer” atau satu atau lebih wakil presiden (manajemen puncak), kepala bagian keuangan). Dalam beberapa organisasi CEO membuat semua keputusan jika dalam organisasi itu tidak ada komite anggaran.
b.      Periode anggaran
Anggaran biasanya disusun untuk periode satu tahun. Banyak juga perusahaan yang menyusununtuk periode kuartalan atau bulanan. Adanya juga yang menggunakan anggaran kontinu (continous budget). Anggaran kontinu merupakan sistem penganggaran yang menghasilkan anggaran yang berupa anggaran kuartalan, bulanan, atau tahunan. Jadi, begitu satu bulan atau kuartal berakhir, anggaran asli langsung di perbaharui berdasarkan informasi yang baru tersedia dan diperoleh anggaran untuk bulan atau kuartal yang baru
c.       Pedoman anggaran
Salah satu tanggung jawab komite anggaran adalah memberikan pedoman “intial budget” ( anggaran awal/anggaran dasar) yang menentukan arah anggaran dan menentukan penyusunan anggaran.
d.      Usulan “initial budget”
Sejumlah faktor internal yang mempertimbangkan unit anggaran dalam penyusunan usulan “intial budget”:
1.      Perubahan peralatan atau fasilitas yang tersedia.
2.      Pengenalan produk baru.
3.      Perubahan harapan atau proses operasi unit anggaran dimana unit anggaran mengendalikan input bahan atau faktor operasi lainya.
Faktor –faktor eksternal yang perlu dipertimbangkan dalam penyusunan usulan “intial budget” meliputi:
1.      Perubahan pasar tenaga kerja
2.      Pandangan industri dalam waktu dekat
3.      Tindakan pesaing
e.      Negoisasi anggaran
Atasan dari unit anggaran memeriksa usulan “intial budget” untuk melihat apakah usulan tersebut sesuai dengan pendoman anggaran, apakah tujuan anggaran dapat tercapai dan searah dengan tujuan unit anggaran pada level berikutnya. Setiap unit anggaran melakukan negosiasi dengan atasan tentang setiap perubahan usulan anggaran.negosiasi terjadi pada semua level organisasi. Negosiasi tersebut mungkin saja merupakan inti dari proses penganngaran dan menyita sebahagian besar dari waktu penyusunan anggaran.
f.        Review persetujuan
Unit anggaran menyetujui anggaran mereka, anggaran disebarkan dalam organisasi sampai anggaran tersebut mencapai level final, yaitu ketika gabungan anggaran dari berbagai unit anggaran menjadi anggaran orgsnisasi. Komite anggaran memeriksa anggaran tersebut berkaitan dengan konsistensinya dengan pedoman anggaran pencapaian tujuan perusahaan. CEO (chief executive officer) kemudian memberikan persetujuan anggaran secara keseluruhan dan mengajukan anggaran tersebut kepada dewan direksi.
g.      Revisi
Prosedur untuk merevisi anggaran bervariasi dari satu organisasi yang satu dengan orgsnisasi yang lainnya. Di beberapa organisasi, persetujuan untuk melakukan modifikasi terhadap anggaran bisa saja sulit untuk dicapai karens perubahan hanya dapat dilakukan dalam keadaan khusus. Perusahaan lainnya, misalnya perusahaan menggunakan anggaran yang diperbaharui secara terus menerus (kontinu) menggunakan sistem anggaran yang boleh revisi yang dilakukan secara kuartalan atau bulanan.


Baca juga : Budgeting Bagian 1


[1] http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/25478/3/Chapter%20II.pdf

0 Response to "Menyusun Anggaran (Budgeting) Produksi Media BAG. 2"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel mgid

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel mgid