Pengertaian Media Komunikasi dan Jenis-jenisnya
Thursday, September 8, 2016
Add Comment
Daftar Isi: [Tampil]
Media Komunikasi
Oleh : Taufiq Fadhilah
Kata media dalam KBBI V1.1 diartikan
sebagai alat atau sarana, sedangkan komunikasi adalah penerimaan dan pengiriman
pesan. Dari pengertian ini dapat diartikan bahwa media komunikasi adalah alat
atau sarana yang akan mengantarkan pesan dalam proses komunikasi. Dalam
pengertian lain media komunikasi adalah semua sarana yang dipakai untuk
memproduksi, mereproduksi, mendistribusikan ataupun menyebarkan dan juga
menyampaikan informasi.[1]
Media komunikasi disebut sebagai alat untuk
memperlancar proses komunikasi karena dalam kenyataanya mampu berfungsi sebagai
alat:[2]
1)
Mempermudah
penyampaian pesan atau informasi.
2)
Membangkitkan
motivasi komunikan.
3)
Mengefektifkan
proses penyampaian informasi.
4)
Mempersingkat
waktu penyampaian informasi.
5)
Menghubungkan
komunikan dan komunikator yang berjauhan.
6)
Menambah
daya tarik informasi atau pesan yang akan disampaikan.
7)
Memperjelas
isi dan maksud informasi yang akan disampaikan.
Media komunikasi sebagai alat penghubung pesan
dari komunikator kepada komunikasn memiliki beberpa jenis, berikut adalah jenis-jenis
media komunikasi:[3]
Jenis-jenis Media Komunikasi
1) Berdasarkan Alat yang Digunakan
Berdasarkan alat yang
digunakan media komunikasi dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu sebagai
berikut:
a.
Media
komunikasi audio (pendengaran)
Audio artinya sesuatu yang
bersifat dapat di dengar. Jadi media komunikasi audio adalah suatu alat bantu
komunikasi yang memancarkan suara, sehingga memungkinkan komunikasi dapat
ditangkap melalui saluran pendegaran. Contohnya: radio dan telpon.
b.
Media
komunikasi visual (penglihatan)
Visual artinya sesuatu yang
dapat dilihat dengan indra penglihatan (mata). Jadi media komunikasi visual
adalah suatu alat bantu komunikasi yang memancarkan tulisan dan atau gambar,
sehingga memungkinkan komunikasi dapat ditangkap melalui saluran penglihatan.
Contohnya: surat, brosur, poster, spanduk, dan media cetak (surat kabar, majalah,
tabloid).
c.
Media
komunikasi audio-visual (pendengaran dan penglihatan)
Audio-visual artinya sesuatu
yang dapat di dengar dan dapat dilihat. Jadi media komunikasi audio-visual
adalah suatu alat bantu komunikasi yang dapat memancarkan suara disertaitulisan
dan atau gambar, sehingga memungkinkan komunikasi dapat ditangkap melaui
saluran pendengaran dan penglihatan. Contohnya: televisi, video dan film.
2) Berdasarkan Sasarannya
Berdasarkan
sasarannya, media komunikasi dapat dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai
berikut:
a.
Media
komunikasi umum
Media komunikasi umum adalah
alat komunikasi yang dapat ditujukan kepada sasaran tunggal, kelompok atau
masa. Contoh media atau alat yang dapat digunakan dalam komunikasi umum untuk
sasaran tunggal antara lain; telepon, telegram, surat, e-mail. Untuk sasaran
kelompok antara lain berupa: surat, telegram, email, brosur, plakat, spanduk,
dan internet. Untuk sasaran masa antara lain berupa; brosur, spanduk,internet,
surat kabar, majalah, radio, televisi, video dan film.
b.
Media
komunikasi masa
Media komunikasi masa adalah
alat komunikasi yang digunakan khusus untuk tujuan komunikasi masa. Sifat dari
komunikasi masa adalah komunikasi satu arah, yaitu komunikator kepada khalayak
(masa). Contoh media atau alat yang digunakan untuk komunikasi masa antara
lain; media cetak (surat kabar, majalah, tabloid), media audio (radio), media
audio visual (televisi, film, video), dan media luar ruangan (spanduk, poster,
balon, billboard, baliho, neon-sign). (TF)
[1]http://www.pengertianku.net/2014/09/mengetahui-pengertian-media-komunikasi-dan-fungsinya-lengkap.html
(diakses pada: 11/12/2015)
[2]Atep Adya
Barata, Dasar-dasar Pelayanan Prima, (Jakarta: PT Elex Media
Komputerindo, 2003), h.109.
[3]S. M. Siahaan, Komunikasi:
Pemahaman dan Penerapannya, (Jakarta: BPK, 1990), h.110-111.
0 Response to "Pengertaian Media Komunikasi dan Jenis-jenisnya"
Post a Comment