Poster Sebagai Media Dakwah

Daftar Isi: [Tampil]
poster sebagai media dakwah


Poster Sebagai Media Dakwah
Media (wasilah) dakwah ialah; suatu alat yang yang dipergunakan oleh da’i untuk menjelaskan dan menyampikan isi pesan dakwah kepada mad’u. Sedangkan poster sendiri adalah sebuah media untuk menyampaikan pesan singkat yang mengkombinasikan antara garis, gambar, warna dan kata-kata untuk memberikan perhatian kepada khalayak dan menanamkan gagasan yang berarti di dalam ingatannya.
Dalam jenisnya poster memiliki tujuan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pembuatnya. Artinya, poster dapat digunakan sebagai media untuk kepentingan iklan oleh pengusaha, kepentingan politik oleh pelaku politik, kepentingan pendidikan oleh guru dan kepentingan dakwah oleh para da’i (aktifis dakwah).
Islam tidak pernah memberikan batasan kepada para pelaku dakwah dalam hal pengunaan dan pemanfaatan berbagai macam teknologi untuk menyampaikan pesan-pesan dakwahnya. Justru Islam sendiri menjungjung tinggi kreatifitas untuk berdakwah, sehingga tujuan dakwah dapat tersampaikan kepada masyarakat yang kompleks baik dari segi budaya dan latar belakang pendidikannya.
Poster dalam fungsinya sebagai media masa untuk menyampaikan informasi kepada khalayak umum memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun dalam pemanfaatannya sebagai media dakwah merupakan suatu trobosan, agar pesan-pesan dakwah itu tidak hanya disampaikan dalam bentuk komunkasi secara langsung dalam kajian-kajian keagamaan yang hanya dilakukan di majlis-majilis ilmu saja. 

Melainkan dakwah dapat disampaikan dengan pemanfaatan berbagai macam media yang terus berkembang di kalangan masyarakat lokal maupun dunia. Sehingga kegiatan dakwah tetap hidup di era globalisasi seperti sekrang ini, dan diharapkan dengan penyampaian pesan-pesan dakwah dari berbagai sektor di media baik cetak maupun elektronik memiliki dampak yang positif baik dari segi perkembangan Islam mapun pemahaman keagamaan dan aplikasi yang nyata dari umat Islam itu sendiri.
Poster dengan kombinasi gambar, warna, garis dan kata-kata yang singkat akan lebih mudah menarik perhatian orang untuk melihatnya dan bahkan memilikinya. Sehingga pesan-pesan dakwah yang terdapat di dalammnya pun akan terlihat lebih hidup dan memberikan kesan yang mendalam kepada para pembacanya. 

Maka dari sinilah pesan dakwah akan mudah dipahami dan diaplikasikan oleh pembacanya. Poster yang menarik dan memiliki kesan yang mendalam juga akan mejadikan pembaca menjadi pelaku dakwah, dengan menyebarkan poster-poter dakwah dengan pemanfaatan berbagai macam tren media sosial pada masa kini. 

Sehingga dengan poster yang diunggah di media sosial dapat memposisikan semua pemilik akun yang tertarik dan memilki misi kebaikan menjadi pelaku dakwah dengan membagikan poster-poster dakwah melaui akun pribadinya. Dengan ini dakwah melaui poster akan lebih efektif dan sampai kepada masyarakat. (TF)

0 Response to "Poster Sebagai Media Dakwah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel mgid

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel mgid