Poster Sebagai Media Dakwah
Monday, April 4, 2016
Add Comment
Daftar Isi: [Tampil]
Poster Sebagai Media Dakwah
Media (wasilah)
dakwah ialah; suatu alat yang yang dipergunakan oleh da’i untuk menjelaskan dan
menyampikan isi pesan dakwah kepada mad’u. Sedangkan poster sendiri adalah
sebuah media untuk menyampaikan pesan singkat yang mengkombinasikan antara
garis, gambar, warna dan kata-kata untuk memberikan perhatian kepada khalayak
dan menanamkan gagasan yang berarti di dalam ingatannya.
Dalam jenisnya
poster memiliki tujuan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pembuatnya.
Artinya, poster dapat digunakan sebagai media untuk kepentingan iklan oleh
pengusaha, kepentingan politik oleh pelaku politik, kepentingan pendidikan oleh
guru dan kepentingan dakwah oleh para da’i (aktifis dakwah).
Islam
tidak pernah memberikan batasan kepada para pelaku dakwah dalam hal pengunaan
dan pemanfaatan berbagai macam teknologi untuk menyampaikan pesan-pesan
dakwahnya. Justru Islam sendiri menjungjung tinggi kreatifitas untuk berdakwah,
sehingga tujuan dakwah dapat tersampaikan kepada masyarakat yang kompleks baik
dari segi budaya dan latar belakang pendidikannya.
Poster
dalam fungsinya sebagai media masa untuk menyampaikan informasi kepada khalayak
umum memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun dalam pemanfaatannya sebagai
media dakwah merupakan suatu trobosan, agar pesan-pesan dakwah itu tidak hanya
disampaikan dalam bentuk komunkasi secara langsung dalam kajian-kajian
keagamaan yang hanya dilakukan di majlis-majilis ilmu saja.
Melainkan dakwah
dapat disampaikan dengan pemanfaatan berbagai macam media yang terus berkembang
di kalangan masyarakat lokal maupun dunia. Sehingga kegiatan dakwah tetap hidup
di era globalisasi seperti sekrang ini, dan diharapkan dengan penyampaian
pesan-pesan dakwah dari berbagai sektor di media baik cetak maupun elektronik
memiliki dampak yang positif baik dari segi perkembangan Islam mapun pemahaman
keagamaan dan aplikasi yang nyata dari umat Islam itu sendiri.
Poster dengan
kombinasi gambar, warna, garis dan kata-kata yang singkat akan lebih mudah
menarik perhatian orang untuk melihatnya dan bahkan memilikinya. Sehingga
pesan-pesan dakwah yang terdapat di dalammnya pun akan terlihat lebih hidup dan
memberikan kesan yang mendalam kepada para pembacanya.
Maka dari sinilah pesan
dakwah akan mudah dipahami dan diaplikasikan oleh pembacanya. Poster yang
menarik dan memiliki kesan yang mendalam juga akan mejadikan pembaca menjadi
pelaku dakwah, dengan menyebarkan poster-poter dakwah dengan pemanfaatan
berbagai macam tren media sosial pada masa kini.
Sehingga dengan poster yang
diunggah di media sosial dapat memposisikan semua pemilik akun yang tertarik
dan memilki misi kebaikan menjadi pelaku dakwah dengan membagikan poster-poster
dakwah melaui akun pribadinya. Dengan ini dakwah melaui poster akan lebih
efektif dan sampai kepada masyarakat. (TF)
0 Response to "Poster Sebagai Media Dakwah"
Post a Comment