Sekilas Tentang Media Sosial Facebook
Monday, April 4, 2016
Add Comment
Daftar Isi: [Tampil]
Sekilas Tentang Media Sosial Facebook
Oleh : Taufiq Fadhilah
1.
Pengertian
dan Sejarah Facebook
Facebook dalam wikpedia.org adalah
sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004,
dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc.[1]
Pada awalnya facebook disebut The Facebook dan dimulai sebagai sebuah website
hasil hobi karya salah seorang mahasiswa Universitas Harvard, Mark Zuckerberg. Pertama
kali didirikan pada tanggal 4 Februari 2004 Facebook hanya terbatas untuk
kalangan dari Universitas Harvard dan lalu berkembang ke kampus Stanford.
Pada Mei 2004, Zuckerberg berhenti kuliah dan
pindah ke Silicon Valley. Kemudian pada bulan September 2004, mereka mendapatkan
modal dari pendiri PayPal, Peter Thiel. Thiel menginvestasikan $500,000
USD sebagai permulaan. Melihat potensi The Facebook seorang penanam modal lain,
Jim Breyer yang memiliki keterkaitan dengan perusahaan seperti WaltMart dan
National Venture Capital Association (NVCA) dari Accel Partners
memberikan $12,7 juta USD untuk membantu Zuckerberg mengembangkan The Facebook.
Pada Agustus 2005 The Facebook melepas kata
“The” dan Facebook.com didaftarkan dengan nilai pembelian domian sebesar
$200,000 USD. Beberapa bulan kemudian pembatasan pengguna ditinggalkan dan
siapapun dengan alamat email institusi yang valid bisa mendaftar, termasuk
murid sekolah, pegawai negeri, dan komunitas swasta.
Pada 24 Mei 2007, Facebook mengadakan acara
besar yang disebut f8 event dengan media masa dan pembuat aplikasi untuk
meluncurkan facebook platform. Pada acara ini Facebook resmi membuka
platformnya untuk semua orang. Ini berarti semua orang bisa membuka aplikasi di
Facebook dengan gratis.[2]
Langkah berikutnya untuk Facebook adalah menambah
pasar iklan. Pada Agustus 2007, Facebook mengumumkan bahwa mereka sedang
mencari cara untuk mengubah kepopulerannya itu menjadi keuntungan besar dengan
menawarkan pemasangan iklan pada beberapa halaman Facebook. Pada 6 November
2007, Facebook mengumumkan bahwa mereka sudah melayani 12 merek global seperti
Verizon, Sony Pictures, Coca-Cola, Blockbuster, dan lain-lain.
Tahun 2008, Presiden Obama menggunakan Facebook
sebagai salah satu cara kampanye secara
online dan kampanye itu sukses. Kampanye Obama ini pun menarik perhatian dari
pada publik dan pada saat itu pun pengguna Facebook semakin berkembang lebih
banyak lagi.
Di tahun 2009, Facebook berkembang lebih pesat
lagi. Sekarang ini, Facebook menambah fitur chat melalui Facebook tanpa perlu
mengistal apa pun terlebih dahulu. Misi Facebook sekrang adalah untuk
memberikan kemampuan kepada orang untuk berbagi dan membuat dunia untuk dapat
berkoneksi antara satu samalain dengan mudah.[3]
2.
Fanpage Facebook
Fanpage facebook adalah sebuah halaman khusus dalam
media sosial facebook layaknya blog yang menyediakan informasi yang beragam
sesuai dengan keinginan pemiliknya, mulai dari perusahaan, pendidikan, layanan,
produk fisik, artis, komunitas dan masih banyak lainnya.[4]
Secara garis besar, fanpage facebook di manfaatkan bagi kalangan
tertentu, misalnya pemilik toko online untuk memberikan informasi atau event
kepada penggemarnya atau pelangganya melalui facebook. Dengan demikian
penyebaran informasi akan lebih cepat di terima oleh banyak orang.
Secara umum fanpage Facebook memiliki
tampilan dan fungsi seperti Facebook profile pribadi, namun pada fanpage
Facebook yang diwakilkan adalah brand bukan individu. Jika dalam akun pribadi
hubungan pertemanan disebut dengan friends, pada fanpage Facebook hubungan pertemanan
disebut fans.
Beda paling besar antara page (fanpage
Facebook) dengan profile pribadi adalah
target. Mereka yang menyertai fanpage adalah lebih berminat untuk
mengetahui mengenai produk atau informasi tertentu berbanding mereka yang
berada di dalam profile pribadi. Dengan melalui fitur “like” atau “add
page” pemilik fanpage facebook akan sangat mudah mengetahui seberapa
besar peminat atas page yang mereka buat atau miliki. Dengan memiliki fanpage
atau Facebook Page, dapat membuat komunitas pecinta produk/service yang
ditawarkan. Fungsi fanpage untuk menginformasikan produk-produk terbaru
dan aktivitas promosi.[5]
3.
Dampak
Positif dan Negatif Facebook
Facebook dalam penggunaanya dapat digunakan
sebagai media bertukar informasi, berkomunikasi dan publikasi. Facebook sebagai
media sosial yang populer digunakan oleh masayarakat dunia tentu memiliki
dampak yang postif dan negatif, diantaranya:
1)
Dampak
positif facebook
a.
Mempererat
silaturahmi: kita bisa menemukan kembali orang - orang yang pernah kita kenal
di masa lalu.
b.
Media
promosi: facebook bisa digunakan sebagai media promosi seperti, promosi jasa,
produk, instansi dan lain-lain.
c.
Media
iklan: facebook bisa digunakan sebagai media iklan seperti, iklan barang dan
jasa.
d.
Sarana
diskusi: di facebook kita bisa bergabung dengan berbagai komunitas atau grup.
2)
Dampak
negatif facebook
a.
Menurunkan
Kinerja: sebagian besar pegawai, karyawan, dosen mahasiswa menggunakan facebook
pada saat jam kerja sedang berlangsung, karena alasan jenuh, refreshing.
b.
Perhatian
terhadap keluarga berkurang: dapat terjadi, seorang suami sedang menulis wall,
si istri sedang membuat koment di foto, sementara anak-anak diurus pembantu.
c.
Bocor
rahasia ke pada khalayak: beberapa data penting yang tidak semestinya
ditampilkan secara terbuka, namun karena default dari info kita terlupakan
untuk menutup. Kalau memang ada yang perlu baru dibuka satu per satu sesuai
kebutuhan.
d.
Terjadinya
pornografi: para pihak yang memanfaatkan situs facebook untuk kegiatan yang
berbau pornografi dan pemberitaan pada berbagai media massa, banyak yang
memaparkan kejadian asusila.
e.
Dapat
terjadi kesalah pahaman: terjadi kasus pemecatan seorang karyawan gara-gara
menulis yang tidak semestinya di Facebook.
f.
Penipuan:
seperti media online lainnya, facebook juga rentan dimanfaatkan untuk tujuan
penipuan, seperti penipuan bisnis barang dan jasa dan tindakan kriminal.[6]
By: Taufiq Fadhilah
[1]https://id.wikipedia.org/wiki/Facebook
(diakses pada: 10/12/2015)
[2]Sartika
Kurniali, Step By Step Facebook, (Jakarta: PT Elex Media Komputerindo,
2009), Cet-3, h. 5-6.
[3]Matthew
Williyanso, Facebook Hacking, (Jakarta: PT Elex Media Komputerindo,
2010), h. 8-9.
[4]http://pekembangan-iptek.blogspot.co.id/2012/06/apa-itu-fan-page-facebook.html
(diakses pada: 14/12/2015).
[5]https://reineth.wordpress.com/2011/04/01/facebook-pages-vs-facebook-profile/
(diakses pada: 16/12/2015).
[6]http://harrnoprihatsen.blogspot.co.id/
(diakses pada: 15/12/2015).
0 Response to "Sekilas Tentang Media Sosial Facebook"
Post a Comment