Sekilas Tentang Media Sosial Facebook

Daftar Isi: [Tampil]


Sekilas Tentang Media Sosial Facebook
Oleh : Taufiq Fadhilah

1.    Pengertian dan Sejarah Facebook
Facebook dalam wikpedia.org adalah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc.[1] Pada awalnya facebook disebut The Facebook dan dimulai sebagai sebuah website hasil hobi karya salah seorang mahasiswa Universitas Harvard, Mark Zuckerberg. Pertama kali didirikan pada tanggal 4 Februari 2004 Facebook hanya terbatas untuk kalangan dari Universitas Harvard dan lalu berkembang ke kampus Stanford.
Pada Mei 2004, Zuckerberg berhenti kuliah dan pindah ke Silicon Valley. Kemudian pada bulan September 2004, mereka mendapatkan modal dari pendiri PayPal, Peter Thiel. Thiel menginvestasikan $500,000 USD sebagai permulaan. Melihat potensi The Facebook seorang penanam modal lain, Jim Breyer yang memiliki keterkaitan dengan perusahaan seperti WaltMart dan National Venture Capital Association (NVCA) dari Accel Partners memberikan $12,7 juta USD untuk membantu Zuckerberg mengembangkan The Facebook.
Pada Agustus 2005 The Facebook melepas kata “The” dan Facebook.com didaftarkan dengan nilai pembelian domian sebesar $200,000 USD. Beberapa bulan kemudian pembatasan pengguna ditinggalkan dan siapapun dengan alamat email institusi yang valid bisa mendaftar, termasuk murid sekolah, pegawai negeri, dan komunitas swasta.
Pada 24 Mei 2007, Facebook mengadakan acara besar yang disebut f8 event dengan media masa dan pembuat aplikasi untuk meluncurkan facebook platform. Pada acara ini Facebook resmi membuka platformnya untuk semua orang. Ini berarti semua orang bisa membuka aplikasi di Facebook dengan gratis.[2]
Langkah berikutnya untuk Facebook adalah menambah pasar iklan. Pada Agustus 2007, Facebook mengumumkan bahwa mereka sedang mencari cara untuk mengubah kepopulerannya itu menjadi keuntungan besar dengan menawarkan pemasangan iklan pada beberapa halaman Facebook. Pada 6 November 2007, Facebook mengumumkan bahwa mereka sudah melayani 12 merek global seperti Verizon, Sony Pictures, Coca-Cola, Blockbuster, dan lain-lain.
Tahun 2008, Presiden Obama menggunakan Facebook sebagai  salah satu cara kampanye secara online dan kampanye itu sukses. Kampanye Obama ini pun menarik perhatian dari pada publik dan pada saat itu pun pengguna Facebook semakin berkembang lebih banyak lagi.
Di tahun 2009, Facebook berkembang lebih pesat lagi. Sekarang ini, Facebook menambah fitur chat melalui Facebook tanpa perlu mengistal apa pun terlebih dahulu. Misi Facebook sekrang adalah untuk memberikan kemampuan kepada orang untuk berbagi dan membuat dunia untuk dapat berkoneksi antara satu samalain dengan mudah.[3]

2.    Fanpage Facebook
Fanpage  facebook adalah sebuah halaman khusus dalam media sosial facebook layaknya blog yang menyediakan informasi yang beragam sesuai dengan keinginan pemiliknya, mulai dari perusahaan, pendidikan, layanan, produk fisik, artis, komunitas dan masih banyak lainnya.[4] Secara garis besar, fanpage facebook di manfaatkan bagi kalangan tertentu, misalnya pemilik toko online untuk memberikan informasi atau event kepada penggemarnya atau pelangganya melalui facebook. Dengan demikian penyebaran informasi akan lebih cepat di terima oleh banyak orang.
Secara umum fanpage Facebook memiliki tampilan dan fungsi seperti Facebook profile pribadi, namun pada fanpage Facebook yang diwakilkan adalah brand bukan individu. Jika dalam akun pribadi hubungan pertemanan disebut dengan friends, pada  fanpage Facebook hubungan pertemanan disebut fans.
Beda paling besar antara page (fanpage Facebook) dengan profile pribadi  adalah target. Mereka yang menyertai fanpage adalah lebih berminat untuk mengetahui mengenai produk atau informasi tertentu berbanding mereka yang berada di dalam profile pribadi. Dengan melalui fitur “like” atau “add page” pemilik fanpage facebook akan sangat mudah mengetahui seberapa besar peminat atas page yang mereka buat atau miliki. Dengan memiliki fanpage atau Facebook Page, dapat membuat komunitas pecinta produk/service yang ditawarkan. Fungsi fanpage untuk menginformasikan produk-produk terbaru dan aktivitas promosi.[5]

3.    Dampak Positif dan Negatif Facebook
Facebook dalam penggunaanya dapat digunakan sebagai media bertukar informasi, berkomunikasi dan publikasi. Facebook sebagai media sosial yang populer digunakan oleh masayarakat dunia tentu memiliki dampak yang postif dan negatif, diantaranya:
1)         Dampak positif facebook
a.        Mempererat silaturahmi: kita bisa menemukan kembali orang - orang yang pernah kita kenal di masa lalu.
b.        Media promosi: facebook bisa digunakan sebagai media promosi seperti, promosi jasa, produk, instansi dan lain-lain.
c.         Media iklan: facebook bisa digunakan sebagai media iklan seperti, iklan barang dan jasa.
d.        Sarana diskusi: di facebook kita bisa bergabung dengan berbagai komunitas atau grup.
2)         Dampak negatif facebook
a.        Menurunkan Kinerja: sebagian besar pegawai, karyawan, dosen mahasiswa menggunakan facebook pada saat jam kerja sedang berlangsung, karena alasan jenuh, refreshing.
b.        Perhatian terhadap keluarga berkurang: dapat terjadi, seorang suami sedang menulis wall, si istri sedang membuat koment di foto, sementara anak-anak diurus pembantu.
c.         Bocor rahasia ke pada khalayak: beberapa data penting yang tidak semestinya ditampilkan secara terbuka, namun karena default dari info kita terlupakan untuk menutup. Kalau memang ada yang perlu baru dibuka satu per satu sesuai kebutuhan.
d.        Terjadinya pornografi: para pihak yang memanfaatkan situs facebook untuk kegiatan yang berbau pornografi dan pemberitaan pada berbagai media massa, banyak yang memaparkan kejadian asusila.
e.        Dapat terjadi kesalah pahaman: terjadi kasus pemecatan seorang karyawan gara-gara menulis yang tidak semestinya di Facebook.
f.          Penipuan: seperti media online lainnya, facebook juga rentan dimanfaatkan untuk tujuan penipuan, seperti penipuan bisnis barang dan jasa dan tindakan kriminal.[6]  

By: Taufiq Fadhilah


[1]https://id.wikipedia.org/wiki/Facebook (diakses pada: 10/12/2015)
[2]Sartika Kurniali, Step By Step Facebook, (Jakarta: PT Elex Media Komputerindo, 2009), Cet-3, h. 5-6.
[3]Matthew Williyanso, Facebook Hacking, (Jakarta: PT Elex Media Komputerindo, 2010), h. 8-9.
[4]http://pekembangan-iptek.blogspot.co.id/2012/06/apa-itu-fan-page-facebook.html (diakses pada: 14/12/2015).
[5]https://reineth.wordpress.com/2011/04/01/facebook-pages-vs-facebook-profile/ (diakses pada: 16/12/2015).
[6]http://harrnoprihatsen.blogspot.co.id/ (diakses pada: 15/12/2015).

0 Response to "Sekilas Tentang Media Sosial Facebook"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel mgid

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel mgid